Senin, 15 Agustus 2016

Minggu, 14 Agustus 2016

Satu Tahun Cahaya Berapa Lama?

Mengapa menggunakan satuan "tahun cahaya"? Karena benda-benda di luar angkasa jaraknya sangat jauh, kalau menggunakan meter, kilometer, mile, maka manusia pasti kebingungan bagaimana menyebutkannya saking banyaknya angka nol.
 
Contoh, jarak Matahari dengan bintang terdekatnya 40.000.000.000.000 km atau 40 trilyun kilometer. Sementara masih banyak sekali bintang-bintang yang letaknya lebih jauh dari itu. Dan jarak ke galaksi Andromeda adalah 21.000.000.000.000.000.000 km atau 2,1 x 19 km. Bagaimana menyebutnya?

Maka untuk mengukur jarak yang sangat besar, digunakan satuan tahun cahaya. Cahaya bergerak 299.792.458 meter per detik atau aproksimasinya 300.000 km per detik maka 1 detik cahaya (light second) setara dengan jarak 300.000 km. Bagaimana kalau setahun?
300.000 km/detik x 60 detik/menit x 60 menit/jam x 24 jam/hari x 365,25 hari/tahun = 9.467.280.000.000 km = (9,46 x 1012) km
Maka tahun cahaya didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya dalam waktu satu tahun ketika melewati ruang hampa udara atau setara dengan 9.467.280.000.000 km = (9,46 x 1012 ) km.

Jarak yang sangat jauh tapi lebih mudah untuk diingat. Kita lihat contohnya di bawah ini. Lebih mudah diingat bukan jika menggunakan tahun cahaya?

Dari definisi tahun cahaya tersebut, ketika seorang pengamat di Bumi melihat sebuah bintang yang jaraknya 10 tahun cahaya maka artinya cahaya yang diterima pengamat saat ini merupakan cahaya yang baru tiba setelah melakukan perjalanan dari bintang dengan jarak tempuh 10 tahun. Atau sederhananya si pengamat di Bumi sedang melihat bintang pada keadaannya 10 tahun yang lalu.

Sekadar info, d bawah ini contoh ukuran jarak antar bumi dengan beberapa benda di tata surya.
  • Bulan = 1,29 detik cahaya
  • Matahari= 8,3 menit cahaya
  • Mars = 12,7 menit cahaya
  • Jupiter = 33 menit cahaya
  • Pluto = 5,3 jam cahaya
  • Proxima Cetauri= 4.3 tahun cahaya
  • Sirius = 8,58 tahun cahaya
  • Galaksi Andromeda = 2.300.000 tahun cahaya atau 2,3 juta tahun cahaya

Kamis, 11 Agustus 2016

Kajian Wasiat Renungan Masa Pengalaman Baru part 2

PBNW satu
bukannya dua atau telu
atas pimpinan PB yang satu
dewan mustasyar pemberi restu




pada bait pertama, "PBNW Satu" memberikan ketegasan kepada semua jama'ah bahwa pengurus besar nahdlatul wathan yang disingkat PBNW itu harus satu dalam artian pimpinan PBNW itu harus satu. kenapa harus satu karena dengan satunya pmpinan PBNW ini semua perjuangan organisasi NW akan terus terarah dan satu arah, sehingga semua cita-cita perjuangan melalui pendidikan, sosial dan dakwah yang kadang-kadang juga ketiga lahan itu dibantu dan dipandu oleh politik menjadi sukses. ada keyakinan jika semuanya satu maka semua wujud impian/cita-cita akan menjadi gampang.
pada bait kedua "bukannya dua atau telu" adalah bentuk yang memang sangat diharapkan oleh pendiri agar tidak kesampaian terjadi. tetapi kenyataan yang terlihat adalah PBNW tidak satu dan lebih dari satu. PBNW yang ada saat ini ada dua yakni PBNW Pancor dan PBNW anjani. masing-masing PBNW mengklaim bahwa kepengurusan mereka yang sah dan masing masing sudah punya bukti yang kuat baik secara administrasi maupun legalitas pemerintahan. BUKANNYA DUA(PBNW pancor dan anjani) ATAU TELU (blok pancor+blok anjani+non blok "tidak pancor anjani"). kubu non blok lebih santai dan lebih tenang dibandingkan dengan kubu pancor maupun anjani. kubu non blok yang terpantai lebih tidak terlihat berbentuk struktural dan dipimpin oleh para tuan guru yang dikeluarkan maupun mengeluarkan diri dari kubu anjani. pondok pesantran yang dikelola oleh kubu non blok semakin terlihat maju bahkan ada yang sudah mengelola perguruan tinggi.
 BUKANNYA DUA dalam hal ini pancor dan anjani terus menerus berseteru secara struktural, maasing-masing mengkalim diri yang paling sah karena masing masing punya bukti yang kuat dan akurat. masing masng juga mengklaim sudah direstuai oleh dewan mustasyar dan ternyata memang masing-masing memiliki dewan mustasyar. sehingga wajar jika masing-masing merasa direstui oleh dean mustasyar. komposisi dwan mustasyar yang ada pada masing-masing kubu juga sebenarnya komposisi dewan mustasyar pada saat sebelum terjadi dualisme. saat PBNW menjadi dua, dewan mustasyar juga pecah jadi dua. pada kubu non blok tidak ada dewan mustasyar dan ini yang meyebabkan kubu non blok tidak terlalu mau berurusn dengan struktural NW. kedua-duanya punya kepengurusan yang sah di PBNW dan juga punya dewan mustasyar maka sangat sulit untuk bertemu menyelesaikan konflik internal. kalau dalam partai, jika ada dualisme kepengurusan partai maka ada mahkamah partai. jika diorganisasi ada dualisme pimpinan organisasi, maka ada majlis tinggi organisasi yang akan menyelesaikan konflik tersebut sebut saja NU dan Muhammadiyah.
 uniknya di NW, selain dualisme pimpinan organisasi ternyata terjadi juga dualisme majlis tertinggi organisasi dalam hal ini adalah dualisme dewan mustasyar. karena dualisme yang unik ini maka pengadilan menjadi tempat pertemuan. maka bertemulah dualisme PBNW dan dualisme dewan mustasyar pada PTUN di jakarta. apa yang terjadi kemudian??? hasil PTUN menyatakan PBNW pancor sah secara hukum dan diakui oleh negara. dan pada akhrnya PBNW hanya satu. ATAS PIMPINAN PB YANG SATU, DEWAN MUSTASYAR PEMBERI RESTU. pada akhirnya NW kembali satu sebagaimana pada masa hayat maulanasyeikh. pada masa hayat maulana syeikh PBNW berkedudukan di pancor dan alhamdulillah pada saat ini PBNW juga berkedudukan di pancor. maulanasyeikh sangat sayang pada desa beliau dan beliau banyak memuat kata pancor dalam syair-syair beliau termasuk dalam wasiat beliau. sebagai catatan tambahan, kedudukan dewan mustasyar sebenarnya lebih tinggi dari pada kedudukan PBNW. ingatttttt
1. PBNW BOLEH DIGANTI ATAU DIPECAT OLEH DEWAN MUSTASYAR TAPI
DEWAN MUSTASYAR TIDAK BOLEH DIGANTI OLEH PBNW.
pernah terjadi di masa hayat maulanasyekhh

2. KEBIJAKAN PBNW HARUS ATAS RESTU DEWAN MUSTASYAR, JIKA
TIDAK MAKA DEWAN MUSTASYAR BOLEH MEMBERIKAN SANKSI
TEGAS PADA PBNW
juga terjadi saat ini, banyak anggota dewan mustasyar yang meninggalkan
PBNW karena tidak mampu memberikan sanksi pada PBNW. ketidak
mampuannya menyebabkan dewan mustasyar lebih meninggalkan kubu
yang bersangkutan.
3. DEWAN MUSTASYAR BUKAN BAWAHAN PBNW YANG SEENAKNYA
DPERINTAH TETAPI DEWAN MUSTASYAR ADALAH SOSOK YANG
DIPERCAYA SEBAGAI REFRESENTASI NW. JIKA DEWAN MUSTASYAR
BAIK INSYAALLAH NW AKAN BAIK JIKA TIDAK MAKA SEBALIKNYA
demikian. wallahu'alam
ttd
badrul wajdi

Kajian Wasiat Renungan Masa Pengalaman Baru part 1


"Seperlima abad anakku berpisah
selama itu timbullah fitnah
disana sini anakku berbantah
sesama saudara didalam nahdloh"

 bait pertama (seperlima....) memberikan kabar kepada kita bahwa selama seperlima abad tersebut ada sesuatu yang insyaAllah akan terjadi dan sesuatu itu terjadi ketika anakku (warga NW) berpisah. bait tersebut tidak serta merta diartikan bahwa anakku akan berpisah selama seperlima abad. seperlima abad tersebut adalah masa penggemblengan, masa ujian untuk kenaikan kelas, masa kegelapan menuju masa yang terang benderang, masa kesulitan menuju masa kebahagiaan. masa yang penuh sensasional, masa yang penuh duka. masa seperlima (20 tahun) ini menurut bait kedua (selama itu...) diawali dengan adanya fitnah dan berjalan dengan fitnah. fitnah itu bisa berasal dari internal keluarga maulanasyeikh, bisa berasal dari interla keluarga besar NW, bisa juga berasal dari eksternal NW. fitnah tersebut terus menerus berkembang seolah-olah menjadi kebenaran dan pada akhirnya semua orang merasa benar sendiri, dan kemudian saling menyalahkan. fitnah yang awalnya berasal dari satu orang terus bertambah menjadi berasal dari banyak orang sehingga selama seperlima abad tersebut juga merupakan masa fitnah. karena adanya fitnah maka muncullah bantah-membantah (disana-sini anakku berbantah).
memang tepat Firman Allah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW bahwa fitnah itu lebih kejam dari pada pembunuhan. bantah-membantah yang nampak pada nahdlatul wathan berawal dari berbantah secara argumen pada muktamar di Praya (lokal) dan saya memperkirakan berbantah ini akan berakhir di tingkat nasional (sengketa Kemkuhham) dan diputuskan di tingkat internasional (solatiyah). oleh cendikia NW berbantahnya secara formal (mukatamar, sidang dan lain) dan yang menyedihkan adalah cara berbantahnya kaum awam NW yang sampai memunculkan korban (kasus kecamatan suralaga, kecamatan wanasaba dan lainnya). berbantah tersebut hanya terjadi pada warga sesama saudara NW (bait ke empat). saat warga NW saling bantah maka warga non NW menjadi penonton. hasilnya warga NW ada yang semakin NW, ada yang NW biasa-biasa, ada yang menjadi NW (karena kepentingan) dan ada yang semakin menjauh dari NW saking lamanya warga NW saling berbantah (20 thun).

 KESIMPULAN
1. Nahdlatul wathan di uji oleh Allah selama seperlima abad ini agar setelah seperlima abad manjadi organisasi untuk solusi INDONESIA. semakin sering orang mengerjakan soal ujian maka semakin dia cepet berada di kelas tertinggi. semakin banyak soal ujian maka semakin rajin orang untuk belajar agar lulus sehingga menjadi semakin pinter. saya tidak katakan kita belom pinter, kita sudah pinter hanya saja belum sepinter yang di harapkan oleh maulanasyeikh, makanya kita butuh banyak waktu untuk belajar, kita butuh banyak ujian agar bisa menjawab setiap soal yang ada dan pada akhirnya kita lulus dengan CUMLAUDE dan menjadi guru untuk menyelesaikan konflik lain di INDONESIA (amin)



 
2. banyak kemungkinan yang terjadi setelah seperlima abad, diantaranya perkara yang membuat NW berpisah sudah selesai (kepemimpinan perempuan), PBNW akan menjadi satu, atau PBNW tetap dua dan keduanya saling dukung mendukung
3. terdapat empat masa dalam NW, yaitu masa pendirian dan pengembangan (saat maulana masih hayat), masa belajar dan pengembangan (seperlima abad), masa wisuda (berbahagia) dan pengembangan dan terakhir masa mengajar (solusi indonesia) seperti ungkapan maulana "pada akhirnya NW akan mengatur"
by
Badrul Wajdi

CARA DOWNLOAD DI BLOG INI

1. Klik link download, anda akan diarahkan menuju adf.ly. tunggu 5 detik pilih SKIP AD
Silabus dan RPP SMA Kurikulum 2013
2. Klik Download yang berwarna biru.
Silabus dan RPP SMA Kurikulum 2013
3. Isi Verification Code. setelah terisi sesuai dengan yang diminta klik Download yang berwarna biru di bawah kotak verification code.
Silabus dan RPP SMA Kurikulum 2013
Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya....