Minggu, 22 Januari 2012

Kisi-kisi soal MK Fisika Dasar I prodi Matematika STKIP HAMZANWADI SELONG TA. 2011/2012

1.    Tangga homogen AB panjangnya 5 m dan massanya 10 kg bersandar  dengan ujung B pada dinding dan ujung A di lantai. Saat ujung A membentuk sudut 45º tangga tepat akan menggeser. Tentukan gaya normal di titik A dan di titik B serta gaya gesekan antara ujung A dengan lantai dan antara ujung B dengan dinding!
2.    Sebuah benda massa 20 kg terletak pada bidang miring yang licin yang sudut kemiringannya 30°. Jika g = 10 m/s2, hitunglah:
a.    gaya normal bidang terhadap benda,
b.    percepatan benda,
c.    jarak yang ditempuh benda setelah 4 sekon
3.    Dua beban masing-masing massanya 2 kg dan 3 kg dihubungkan dengan tali melalui sebuah katrol. Kedua benda dilepas dari ketinggian yang sama yaitu 4 m dari tanah. Jika g = 10 m/s2, tentukan:
a.    percepatan sistem,
b.    tegangan tali,
c.    waktu yang diperlukan beban sampai tanah!
4.    Sebuah benda massa 20 kg terletak pada bidang miring yang licin yang sudut kemiringannya 30°. Jika g = 10 m/s2, hitunglah gaya normal bidang terhadap benda, percepatan benda, dan jarak yang ditempuh benda setelah 4 sekon
5.    Sepuluh pegas disusun seperti tampak pada gambar di bawah ini,  Empat pegas pada rangkaian pertama sejenis dengan konstanta pegas masing-masing 75 N/m, sedangkan enam pegas yang lain dipasang pada rangkaian 3, 2 dan 1 sejenis pula, masing-masing dengan kostanta 50 N/m. Ujung p digantung beban yang massanya 2 kg (g = 10 m/s2). Hitung berapa cm turunnya ujung p!

 

6.    Seorang pekerja diduga mengalami gangguan jiwa, sehingga menerjunkan diri dari gedung tingkat tiga yang mempunyai ketinggian 25 m. (g = 10 m/s2).  Bila massa orang tersebut 50 kg, berapa kecepatan orang tersebut saat mencapai tanah!
7.    Sebuah becak yang penuh dengan muatan ditarik oleh dua ekor kuda. Gaya tarik masing-masing kuda adalah 100 N dan 150 N dan membentuk sudut 300. Jika becak tersebut harus mengantar muatan sejauh 10 km, maka tentukan
a.    usaha yang dilakukan kedua kuda tersebut  dengan mengabaikan gaya geseknya 
b.    apabila gaya gesek antara roda dan jalan diperhitungkan dan besarnya 100 N, maka berapa usaha yang dilakukan olehkedua kuda tersebut setelah menempuh perjalanan 5 km?
8.    Perhatikan gambar di bawah ini!



Sebuah balok dihubungkan dengan sebuah pegas yang memiliki tetapan k sebesar 1.500 Nm-1. Balok bergerak di atas bidang datar tanpa gesekan. Tentukan usaha yang dilakukan oleh pegas, jika uj/balok bergeser 0,15 m dari kedudukan semula!
9.    Mobil yang bermassa 2.000 kg dan memiliki kecepatan 72 km/jam menumbuk mobil lain di depannya yang memiliki kecepatan 36 km/jam dan massa 3.000 kg. Jika koofisien restitusi sebesar 0,02; maka  kecepatan kedua buah mobil setelah tumbukan menjadi berapa?
10.    Perhatikan gambar dibawah ini, Dengan menggunakan titik O sebagai acuan, tentukan posisi titik berat gabungan bangun-bangun tersebut!
        

11.    Karena kurang hati-hati, sebuah truk yang massanya 2.500 kg yang memiliki kecepatan 54 km/jam menabrak sebuah pohon. Jika truk berhenti setelah menyentuh pohon selama 1½ sekon, maka besar gaya truk selama terjadi peristiwa tabrakan!
12.    Batang homogen AB yang panjangnya 2 m memiliki berat 50 N. Pada ujung B ditahan oleh tali dan ujung A menempel pada dinding. Jika batang AB tepat akan bergeser pada sudut 45º terhadap dinding, maka tentukan gaya gesekan statis antara batang AB dengan dinding di ujung A dan gaya normal yang dimunculkan dinding di titk A!

3 komentar:

  1. selamat belajar dek. jika ada yang ditanyakan. silahkan lewat komentar ya

    BalasHapus
  2. ass,,,wr,,,wb,, pak,, kapan nilai matematika kelas 1/A di keluarkan,,,?? terimakasih,,,

    by : Muhammad Zailan Afriandi

    BalasHapus
  3. salam kenal pak dari blog pbsi stkip hamzanwadi selong
    blognya bagus dan mendidik..
    bermanfaat bagi mahasiswa..

    BalasHapus

CARA DOWNLOAD DI BLOG INI

1. Klik link download, anda akan diarahkan menuju adf.ly. tunggu 5 detik pilih SKIP AD
Silabus dan RPP SMA Kurikulum 2013
2. Klik Download yang berwarna biru.
Silabus dan RPP SMA Kurikulum 2013
3. Isi Verification Code. setelah terisi sesuai dengan yang diminta klik Download yang berwarna biru di bawah kotak verification code.
Silabus dan RPP SMA Kurikulum 2013
Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya....